Friday, May 31, 2013

Setelah sejumlah karyawan Google hengkang ke Facebook, mesin pencari raksasa di dunia maya ini punya cara jitu mempertahankan karyawannya yang kini berjumlah 23 ribu pekerja. Demikian dilansir Sydney Morning Herald.

Google menyatakan akan menaikkan gaji karyawan 10 persen pada tahun depan. Selain itu, Googlejuga menaikkan bonus tahunan dan memasukkannya ke gaji. Bonus ini tidak termasuk kenaikan 10 persen ini.
Rencana kenaikan ini awaknya dilaporkan blog teknologi Silicon Alley Insider dan dibenarkan olehAssociated Press. Selama ini Google diketahui sangat memanjakan karyawannya dengan memberikan makanan gratis di tempat kerja dan juga tempat kerja yang sangat mewah.

Sayangnya, perusahaan ini mulai menghilangkan semua fasilitas itu akhir tahun 2008 dan awal tahun 2009. Ini kemudian diikuti dengan perumahan ratusan karyawan untuk mendorong kenaikan keuntungan dalam resesi terparah di Amerika Serikat (AS) sejak Perang Dunia II.

Tetapi, masa keemasan Google kembali lagi dengan kenaikan pendapatan 23 persen hingga 21 miliar dollar AS dalam sembilan bulan pertama di tahun 2010. Bahkan, Google menambah 3.500 karyawan baru. Konon, rata-rata gaji tahunan karyawan Google berada di kisaran 100 ribu dollar AS atau sekitar Rp 892 juta. Artinya, rata-rata per bulan mereka bergaji 74,3 juta.

“Meski kami tidak mau berkomentar namun kami percaya bahwa dengan pemberian kompensasi yang bersaing sangat penting bagi masa depan perusahaan,” demikian disampaikan juru bicara Google Jordan Newman tanpa menyebutkan kenaikan ini ada kaitannya dengan kompetisi panas dengan Facebook.


11 Comment:

  1. Artikel yg sangat bermanfaat (y)

    http://generasi-intelektual.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Sudah hampir setara dgn gaji presiden Indonesia....maknyous dah, kapan ya bisa jadi karyawan disana

    ReplyDelete
  3. nice info sob
    ditunggu kunbal nya

    ReplyDelete
  4. nice info gan :)
    siapapun anda, mampir ke blog ane juga ya.

    ReplyDelete
  5. bagus juga ya sob, info cukup bermanfaat, tks
    http://ascargo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. info bermanfaat syarat jadi karyawannya bagaimana ya sob?
    http://hi-laga.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. yah itu juga termasuk terima kasih google kepada karyawannya dalam andil mengembangkan dan membesarkan raksasa mesin pencari. itulah keadilan kerja yang profesional. indonesia kapan ya bisa begini?...nice posting and happy blogging. salam persahabatan blogger dan ditunggu kunjungan baliknya di blogonol. mahesa

    ReplyDelete
  8. andai aku bisa jadi kariawan di google!heheh ngrep

    ReplyDelete

Silahkan Comment, sesuka anda
asal jangan nyepam yahh...
jangan lupa follow blog ini, cantumkan link anda di sini
pasti saya folback 100%