Sunday, May 12, 2013

13680537851949036468
Ilustrasi/Admin (Arif Subagor)

Hong Kong merupakan salah satu negara tujuan penempatan tenaga kerja Indonesia, di mana hampir keseluruhan berasal dari sektor informal. Walaupun Hong Kong masih di bawah pemerintahan China, namun pertumbuhan ekonominya setara dengan China, Amerika dan Jepang. Bahkan Hong Kong termasuk negara dengan gaya hidup termahal ke dua di Asia setelah negara Jepang. Tak heran bila banyak
warga negara asing yang tertarik untuk tinggal dan berinvestasi di sini. Tentu Hong Kong bukan lagi didominasi oleh orang- orang china,melainkan sudah menjadi negara adidaya dengan berbagai macam etnis dan budaya.
Hampir dua tahun lebih saya tinggal dan bekerja di Hong Kong, banyak hal baru atau sekelumit cerita- cerita lucu yang saya alami di sini. Ya, ini adalah pengalaman baru buat saya berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai macam karakter seseorang.
Satu hal positif yaitu saya mempunyai teman dari berbagai negara. Awal-awal saya berada di sini, banyak teman- teman dari Indonesia yang bilang bahwa lansia di sini sangat suka dan nyaman dirawat oleh privat nurse dari Indonesia karena keramahan dan kesabaran mereka. Saya kira itu hanya bualan, ketika saya mengobrol dengan nenek yang saya rawat, langsung saja saya tanyakan padanya kenapa dia memilih orang Indonesia. Dia menjawab bahwa orang Indonesia itu sopan, baik, dan juga ramah. Dan bila mereka sudah merasa cocok dan nyaman dengan kita, mereka tidak akan segan- segan memberi uang,makanan atau apapun yang mereka miliki. Ya minimal saya sendiri selalu dapat jatah double breakfast dan uang jajan,hehe…ya itu dulu,waktu nenek masih hidup, sekarang dia sudah meninggal.
Pernah pula saya mengalami kejadian yang bisa dibilang lucu sekaligus membanggakan. Jadi ketika itu saya berada di Pasar, beli daging sapi tepatnya.Eh tiba- tiba ada yang nyolek saya dari belakang, saya pun langsung menoleh dan seorang ibu tanya saya. Saya kira dia sedang berbicara dengan bahasa Mandarin, langsung saja saya jawab tidak tahu (ga ngerti bahasa Mandarin,hehe,,,) wah si ibu langsung marah-marah,,saya kaget…eits tenang,ada yang belain saya, si penjual daging balik marahin si ibu, katanya saya ini orang Filipina jadi ya ga ngerti,, Lho…kog jadi orang Filipina, gantian saya yang marahin si penjual daging,,masak tiap hari ngobrol sama saya ga ngerti kalau saya orang Indonesia.. Eh si ibu dengan mata melotot tanya lagi sama saya,kali ini dia lebih jelas ngomongnya. Samar- samar saya dengar kata Bengawan Solo.”Bengawan Solo…?” “iya bengawan solo,tau ga apa itu bengawan solo…”(kali ini ngomong pake b.inggris). Saya jawab itu nama sungai..”oohhhh…”si ibu terperangah dan dia bilang dia suka sekali dengan lagu Bengawan Solo karena dulu ayahnya suka dengerin lagu itu…(bangga dech jadi orang
Indonesia..)
Sempat juga waktu di ajak makan di restoran, ada menu yang disandingkan dengan krupuk, mereka bilang itu krupuk udang dari Indonesia. Saya coba aja, saya bilang itu bukan krupuk udang khas dari Indonesia melainkan krupuk biasa ya walaupun ada sedikit rasa udang. Mereka ga percaya, dan kebetulan waktu lebaran Idul Fitri kemarin saya pulang ke Indonesia. Tiga minggu kemudian saya kembali ke Hong Kong mambawa sedikit oleh-oleh krupuk udang untuk mereka. Setelah dicoba, mereka tanya itu krupuk apa,,enak banget (ya iyalah…mahal bo’..hehe..). Saya bilang itu krupuk udang asli dari Indonesia..mereka sampai terheran-heran kog bisa krupuk yang mentahnya kecil bisa bisa besar saat digoreng (ngliatin saya goreng krupuk.. :D) Mereka juga bilang kalau krupuk udang Indonesia sudah menjadi bagian dari menu yang sering dihidangkan di restoran dan mereka sangat menyukainya.
Ga cukup sampai disitu, kalau anda berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan di kawasan Hong Kong dan Kowloon, jangan heran bila anda disapa dengan ucapan selamat pagi. Ya mereka bisa membedakan mana yang orang Indonesia mana yang bukan. Kata-kata selamat pagi, kamu cantik, terima kasih..mereka sengaja belajar bahasa Indonesia dan memang sering digunakan untuk menarik konsumen agar tertarik berbelanja di tempat mereka. Nah gimana masih ga bangga jadi orang Indonesia… I just wanna say “I’m Proud to be Indonesian…”

3 Comment:

Silahkan Comment, sesuka anda
asal jangan nyepam yahh...
jangan lupa follow blog ini, cantumkan link anda di sini
pasti saya folback 100%