Friday, May 24, 2013



      Seberepa banyak yang kita ketahui tentang alam semesta kita? dikutip dari BBC ASIA.com, berikut adalah beberapa fakta unik tentang alam semesta kita, yang terangkum dalam 18 point unik, apa saja ke 18 fakta unik tersebut?


      Mari kita simak ke-18 fakta unik tentang keajaiban alam semesta pada tulisan berikut ini.


1. Cahaya adalah hal yang tercepat di alam semesta dan memungkinkan kita untuk melihat kembali dalam waktu. Pada bulan Oktober 2009, ledakan sinar gamma terdeteksi sejauh 13 miliar tahun cahaya, sebuah peristiwa yang terjadi 630 juta tahun setelah Big Bang.

Ilustrasi ledakan Sinar Gamma


2. Cahaya mungkin telah membantu membentuk kehidupan di Bumi. Trilobita, para arthopods yang dikenal paling awal, dari 540 juta tahun yang lalu, adalah predator laut dengan mata yang kompleks, memungkinkan mereka untuk berhasil mengejar mangsanya. Mereka adalah salah satu makhluk pertama yang memanen cahaya yang mengisi alam semesta.

Ilustrasi Trilobite


3. Bidang fosil yang ditemukan di Burgess Shale di Pegunungan Rocky Kanada, adalah salah satu yang paling penting di dunia karena umurnya. Pada 540 juta tahun, tidak ada catatan kehidupan yang kompleks, multi-selular sebelum waktu ini.

Fosil yang ditemukan di Burgess Shale di Pegunungan Rocky Kanada


4. Statis antara stasiun radio sebenarnya membentang cahaya dari Big Bang dan suara cahaya pertama dirilis pada awal alam semesta. Para ilmuwan menyebutnya latar belakang gelombang mikro kosmik (The Cosmic Microwave Background / CMB) dan mengisi setiap bagian dari alam semesta.

The Cosmic Microwave Background / CMB


5. Warna dapat membuka rahasia alam semesta kita karena panjang gelombangnya. Cahaya biru memiliki panjang gelombang yang relatif singkat, sementara lampu merah memiliki salah satu yang relatif besar. Jadi ketika cahaya mencapai kita dari bintang-bintang jauh dan galaksi berwarna merah, itu berarti bahwa mereka lebih jauh dari kita daripada yang berwarna biru.

Jarak Dan Warna Bintang


6. Pada tahun 2004, kami melihat jauh ke masa daripada sebelumnya dan menangkap cahaya dari galaksi yang paling jauh di alam semesta. Gambar, yang diambil oleh teleskop ruang angkasa Hubble, yang disebut Hubble Ultra Deep Field, diambil selama 11 hari, difokuskan pada wilayah langit tepat di bawah konstelasi Orion
Konstelasi Orion


7. Galaksi Andromeda, kira-kira mempunyai ukuran yang sama seperti Bima Sakti, adalah galaksi spiral dengan dua tangan bercincin, mengitari pusat penuh cahaya. Inti dikemas dengan jutaan bintang merah tua, sementara lengan yang dipenuhi dengan cluster bintang baru, berwarna biru.

Galaxy Andromeda


8. Cahaya yang kita lihat hari ini dari galaksi Andromeda telah melakukan perjalanan 2,6 juta tahun cahaya untuk mencapai kita.

9. Pada Event Horizon ('tepi' dari Black Hole), ruang bergerak pada kecepatan cahaya, dan cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 km / detik. Di pusat, (Singularity), ruang dan waktu menjadi jauh melengkung dan pusat menjadi jauh padat. Di sinilah pemahaman kita tentang alam semesta berakhir.

Ilustrasi Lubang Hitam

10. Vomit Comet, sebuah pesawat yang didesain untuk mensimulasikan gravitasi nol. Pada 15.000 m pesawat terhenti dan jatuh ke bumi, yang memungkinkan penghuni untuk mengapung, untuk sementara waktu menentang tarikan gravitasi.






11. Gravitasi  dapat di sejajarkan dengan massa, yang berarti semakin besar planet atau bintang, maka akan  semakin kuat pula tarikan gravitasinya.


Gravitasi Berbanding Lurus Dengan massa


12. Gravitasi Neptunus hanya sedikit lebih kuat daripada di Bumi, sementara Jupiter (1.300 kali lebih besar dari Bumi) adalah 2,5 kali lebih kuat. Sebuah planet ekstrasurya, disebut Ogle 2TRL9B, memiliki tarikan gravitasi 4 kali dari Bumi, cukup kuat untuk mendistorsi penglihatan manusia dan membuat setiap gerakan hampir mustahil.



13. Semua elemen - bahan kehidupan - dibuat di jantung bintang. Jauh di dalam intinya, bintang itu bertempur sia-sia melawan gravitasinya sendiri. Seperti berhenti sendiri runtuh karena beratnya sendiri, unsur-unsur baru yang dibuat dalam urutan tahap yang terpisah.

14. Ketika Anda membakar unsur-unsur yang berbeda, mereka masing-masing mengeluarkan set unik warna mereka sendiri. Sodium berwarna kuning, kalium lilac dan tembaga berwarna biru. ini lah yang memberitahu kita elemen-emenen apa saja yang terdapat pada suatu bintang.

15. Dengan memotret bintang dan menggunakan spektroskopi (studi mendalam tentang warna yang dipancarkan), kita tahu bahwa matahari kita terdiri dari sekitar 70% Hidrogen, 28% Helium dan 2% sisanya dari unsur-unsur.

16. Vega, bintang paling terang kedua di langit kita, hanya memiliki sekitar sepertiga dari kandungan logam dari matahari kita.

Bintang Vega


17. Sirius, Star Dog, mengandung besi tiga kali lebih banyak dari kandungan besi yang terdapat pada matahari kita, sementara Proxima Centauri kaya akan Magnesium.



18. Dimanapun kita melihat di alam semesta, kita menemukan 92 elemen yang sama yang ada di Bumi.


      Demikian 18 keajaiban alam semesta yang telah kita bahas, tentu sangat menarik bukan? Sampai disini sajakah? Tentu tidak, masih banyak hal menarik lainnya dari alam semesta kita, yang menunggu untuk kita jelajahi dan temukan,  salah satunya, mungkin anda yang menemukan. Selamat bereksplorasi.

3 Comment:

  1. Wah, tulisan ini bener bener bermanfaat bagi pembaca dan blognya enak di pandang...

    ReplyDelete
  2. bermanfaat sekali
    terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  3. Sy ngeri ngbayangin,bumi yg kt pijak sperti debu d alam semesta,smentara kt d bumi sperti bakteri d bola basket...sungguh allah maha besar.

    ReplyDelete

Silahkan Comment, sesuka anda
asal jangan nyepam yahh...
jangan lupa follow blog ini, cantumkan link anda di sini
pasti saya folback 100%